Cerita Suti Karno Pemeran Atun di Sinetron Si Doel Putuskan Amputasi Kaki, 18 Tahun Derita Diabetes Gegara Tak Pernah Minum Air Putih

Suti Karno mengungkapkan, penyakit diabetes yang dideritanya ini merupakan kesalahannya sendiri.

Nur
Minggu, 25 Desember 2022 | 09:05 WIB
Cerita Suti Karno Pemeran Atun di Sinetron Si Doel Putuskan Amputasi Kaki, 18 Tahun Derita Diabetes Gegara Tak Pernah Minum Air Putih
Suti Karno atau Atun. ([Suara.com/Muhaimin A Untung])

Lama tak terdengar namanya, kondisi Suti Karno kini cukup membuat pilu. Artis yang terkenal dengan perannya sebagai Atun di sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu kini harus duduk di kursi roda.

Hal itu tampak saat ia hadir sebagai bintang tamu di acara Rumpi Trans TV, Jumat (23/12/2022). Suti Karno atau Atun mengungkapkan, kekinian kondisi salah satu kakinya terpaksa harus diamputasi.

Hal itu lantaran penyakit diabetes yang dialaminya selama 18 tahun. Suti Karno mengatakan, keputusan mengamputasi kaki merupakan pilihannya sendiri.

"Itu keputusan saya, bukan keputusan dokter, karena merambat luka saya. Pembuluh darah saya sudah rusak bagian atas, saya bilang kenapa gak potong aja dah," tuturnya dikutip, Minggu (25/12/2022).

Baca Juga:Tangis Munaroh Kenang Aminah Cendrakasih: Si Doel The Series Belum Tayang, Mak Nyak Sudah Ninggalin Kita Semua

"Dua bulan lalu diamputasi kaki saya. Saya belum bisa beraktivitas normal," lanjut Suti Karno.

Suti Karno mengungkapkan, penyakit diabetes yang dideritanya ini merupakan kesalahannya sendiri.

Sebelum menderita diabetes, adik dari aktor Rano Karno atau Si Doel ini mengaku selalu meminum minuman bersoda dan manis.

"Itu kesalahan kita waktu muda, gak pernah dengerin waktu orangtua ngomong (memberikan nasihat). Saya tidak pernah minum air putih, jujur."

"Saya selalu minum minuman bersoda. Umur saya baru 56 (tahun), saya baru minum air putih tuh 18 tahun (terakhir sejak menderita diabetes)," ungkapnya.

Baca Juga:Hans Si Doel Kenang Almarhumah Mak Nyak Aminah Cendrakasih: Sosok Ibu yang Selalu Hadir dan Ada untuk Kita

Suti Karno menjelaskan, sebelum kaki sebelah kanan diamputasi, luka di kakinya awalnya hanya pada dua jari.

Lantaran kesibukan syuting Si Doel The Series, akhirnya membuat kedua jari kakinya tidak bisa diselamatkan dan harus diamputasi.

Namun, setelah mengamputasi dua jari kaki, seminggu kemudian kondisi kakinya mulai menghitam dan mati.

"Konsultasi ke dokter vaskular, takutnya lama-lama menyebar, enggak bisa diselamatkan. Karena pembuluh darah di bagian depan kaki sudah mati," ujar Suti Karno dikutip dari Starpro.

Dengan kondisi terkini, Suti Karno mengaku masih berusaha menyesuaikan keadaan sebelum nantinya bisa mengenakan kaki palsu.

"Mudah-mudahan 1-2 bulan kedepan bisa pakai kaki palsu. Sekarang lagi jalani fisioterapi," tuturnya.

Suti Karno mengaku hanya bersalah kepada sang pencipta karena tidak bisa menjaga tubuh yang diberikan Tuhan.

"Yang pasti saya minta ampun pada Allah, ciptaan Dia saya rusak," pungkas Suti Karno.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Entertainment

Terkini

Tampilkan lebih banyak