Presiden Jokowi Khianati Konstitusi, Rakyat Bakal Jadi Korban

"DPR bisa menolak pengesahan Perpu ini, tapi saya skeptis ini akan terjadi," tegasnya.

Morgan
Rabu, 04 Januari 2023 | 12:42 WIB
Presiden Jokowi Khianati Konstitusi, Rakyat Bakal Jadi Korban
Dok Aksi Penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja (Suara.com)

Pakar Hukum Tata Negara Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Jentera, Giri Ahmad Taufik menilai Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengkhianati konstitusi usai menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja

Ia menilai yang dilakukan pemerintah era Jokowi saat ini menentang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang sebelumnya menyatakan bahwa Undang-undang Cipta Kerja harus diperbaiki dengan mengulang prosedur pembentukannya, yaitu dengan menyerap aspirasi masyarakat.

"Memang secara langsung menentang putusan MK. Pemerintah cuma melakukan akrobat formil aja, seolah-olah ini udah diubah, tapi kan diubahnya harus ada partisipasi. Penerbitan Perpu ini yah inkonstitusional, syarat kegentingan yang memaksanya tidak ada," kata Giri saat dihubungi Suara.com pada Selasa (3/12/2022).

Ia mengungkap alasannya. Menurut Giri, Perpu yang sudah diteken Jokowi itu tidak dibahas secara partisipatif yang bermakna (meaningful participation). Dimana pemerintah harus mendengar, membahas masukan dan menjelaskan dari aturan-aturan yang ada jika aspirasi tidak dapat ditampung.

Baca Juga:Nyaris Cerai Gegara Ditipu Sahabat Rp 1,3 Miliar, Mpok Alpha Ancam Lapor Polisi

Namun pada kenyataannya amanat dari MK itu justru tidak dilaksanakan. 

"Kemudian kalo dia ditujukan untuk memutuskan UU Cipta Kerja, ya tetap nggak terpenuhi, karena tidak melakukan pembahasan secara partisipatif. MK padalah sudah bilang inkonstitusionalitas UU Ciptaker pada prosesnya yang tidak partisipatif," sebut Giri.

Ia juga menyoroti aturan soal outsourcing yang tercantum dalam Perpu Cipta Kerja. Giri menyebutkan aturan terbarukan itu justru akan melemahkan posisi para pekerja karena pengguna jasa tenaga kerja bukan pihak yang secara langsung memiliki hubungan kerja dengan pekerja. 

Kondisi tersebut tentunya membuat pengguna jasa tenaga kerja mengenyahkan tenaga kerja yang sudah tidak dibutuhkan. 

"Sementera perusahaan outsource memiliki kapasitas yang terbatas jika terjadi PHK dalam memenuhi hak-hak pekerja, dan terkadang perusahaan outsource cuma dalam bentuk perusahaan cangkang, perusahaan yang berdiri di atas kertas semata tanpa aset yang cukup jika terjadi PHK," kata dia.

Baca Juga:Heboh Tak Akui Anak, Tegar Septian Minta Maaf

"Sedangkan perusahaan outsource kadang cangkang doang yang asetnya nggak seberapa. Jadi memberikan dampak yang besar bagi kepastian bekerja para pekerja," sambung Giri.

Nasib Perpu Cipta Kerja tersebut kini berada di tangan DPR RI yang bakal melakukan pembahasan terlebih dahulu. Namun ia ragu wakil rakyat tersebut bakal menolaknya.

"Perpu ini harus disetujui sama DPR dalam masa sidang berikutnya. DPR bisa menolak pengesahan Perpu ini, tapi saya skeptis ini akan terjadi," tegasnya. [Ferrye BR/Suara.com]

Politainment

Terkini

Timnas Indonesia tergabung di grup B bersama Thaland, Inggris dan Selandia Baru.

Unik | 08:19 WIB

"Leo ingin kembali ke Barcelona dan saya ingin melihatnya kembali ke Barca," ucap Jorge Messi.

Unik | 07:45 WIB

Untuk diketahui, mulanya Mulan diangkat Maia menjadi penyanyi papan atas setelah menjadi vokalis Duo Ratu menggantikan Pinkan Mambo.

Entertainment | 22:04 WIB

Peran MS sebagai pembuat akun Instagram @jastiptiket.coldplay.

Unik | 19:51 WIB

Megawati akan membahas soal Erick Thohir jadi cawapres Ganjar pada pertemuan berikutnya.

Politainment | 18:00 WIB

"Rp 480 juta itu adalah uang dan juga mobil yang pernah saya terima dan itu diduga hasil pidana dari tersangka RHP," kata Brigita.

Politainment | 17:46 WIB

"Kalau itu (konser Coldplay) nonton, karena sudah dapat tiketnya," kata Jokowi.

Politainment | 17:34 WIB

Konser di beberapa kota tersebut merupakanbagian dari rangkaian tur dunia Coldplay.

Politainment | 17:27 WIB

Hal tersebut diungkap Elly Sugigi saat berbincang dengan Zaskia dan Shireen Sungkar di podcast The Sungkars, belum lama ini.

Entertainment | 17:08 WIB

Tentu saja, netizen menyoroti langkah Mahalini yang disebut-sebut bakal pindah agama jika menikah dengan Rizky Febian.

Entertainment | 16:02 WIB

"Akhirnya seperti bahasa saya Formula E dipenyelenggaraan pertama lu yang cetak lu yang jual dan lu yang beli," ujar Gembong.

Metropolitan | 04:35 WIB

"Telah dilakukan teror baik berupa tindakan lembaretan atau membuat cacat badan mobil pihak klien, serta adanya aksi demonstrasi lanjutan," ujar Joni.

Metropolitan | 21:03 WIB

"Kehadiran Hiu Paus di perairan Kepulauan Seribu telah terjadi sebelumnya pada beberapa tahun terakhir," ujar Suharini.

Metropolitan | 20:52 WIB

"Jadi ini ada penurunan sponsor? Waduh bahaya bangat," ujar Gembong.

Metropolitan | 18:36 WIB

Selang kompor gas yang terbakar."

Metropolitan | 18:14 WIB

Ashanty bingung membuat caption yang tepat ketika mengunggah fotonya bersama Krisdayanti dan Geni Faruk, ibu Atta Halilintar.

Gosip | 09:33 WIB

Lucinta Luna menyiapkan sapi berukuran besar untuk kurban.

Gosip | 09:30 WIB

"Dari awal kami itu nggak percaya, kasus ini tuh rekayasa," kata pengacara keluarga Ferry Irawan.

Gosip | 09:16 WIB

Razman Arif Nasution melaporkan mantan kliennya, Iqlima Kim atas dugaan kasus keterangan palsu. Laporannya sudah terdaftar di Polda Metro Jaya padaSenin(5/6/2023).

Gosip | 09:00 WIB

Video seorang nenek-nenek nyanyi lagu India viral di media sosial dan suaranya curi perhatian publik.

Gosip | 08:47 WIB
Tampilkan lebih banyak