Kekeuh Dukung Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, PDIP Siap Versus Everybody?

Pemimpin dari kalangan rakyat biasa yang dilahirkan PDIP, kata dia, seperti Bambang Pacul, Pramono Anung, Ario Bimo, Almarhum Tjahjo Kumolo, Arif Wibowo, Budiman Sudjatmijo, Ganjar Pranowo, dan lain-lain yang semua itu lahir dari proporsional tertutup.

Morgan
Jum'at, 27 Januari 2023 | 20:50 WIB
Kekeuh Dukung Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, PDIP Siap Versus Everybody?
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. ([Suara.com/Bagaskara Isdiansyah[)

Delapan partai politik di parlemen menyatakan menolak sistem Pemilu proporsional terbuka. Namun PDI Perjuangan (PDIP) tetap kekeuh mendukung sistem Pemilu proporsional tertutup.

Dukungan terhadap sistem pemilu proporsional tertutup itu disampaikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1/2023).

“PDI Perjuangan bukan pihak yang melakukan 'judicial review' karena kami tidak memiliki 'legal standing'. Tetapi sikap politik kebenaran, kami sampaikan bahwa dengan proporsional tertutup terbukti PDI Perjuangan mampu melahirkan banyak pemimpin yang berasal dari kalangan rakyat biasa," kata Hasto dikutip dari Antara.

Pemimpin dari kalangan rakyat biasa yang dilahirkan PDIP, kata dia, seperti Bambang Pacul, Pramono Anung, Ario Bimo, Almarhum Tjahjo Kumolo, Arif Wibowo, Budiman Sudjatmijo, Ganjar Pranowo, dan lain-lain yang semua itu lahir dari proporsional tertutup.
 
PDIP diketahui menjadi satu-satunya partai di parlemen yang berharap sistem pemilihan bisa menjadi proporsional tertutup. Sementara itu, delapan fraksi seperti Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PAN, PKS, Demokrat, dan PPP menginginkan proporsional terbuka tetap berlaku pada Pemilu 2024.
 
Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu mengatakan PDIP akan konsisten dengan sikap awal berharap berlakunya proporsional tertutup karena proporsional tertutup membuat iklim politik di Indonesia tidak dikuasai kapital untuk menuai popularitas.
 
"Dalam proporsional terbuka yang sering terjadi melekat unsur nepotisme dan unsur mobilisasi kekayaan untuk mendapatkan pencitraan dukungan bagi pemilih," kata Hasto.

Baca Juga:Keukeuh Dukung Pemilu Proporsional Tertutup, PDIP Klaim Banyak Lahirkan Pemimpin dari Kalangan Rakyat Biasa

Bagi PDI Perjuangan, katanya, sistem proporsional tertutup disertai dengan kesadaran untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kepemimpinan dari seluruh anggota dewan.
 
Untuk menjalankan fungsi legislasi, anggaran, pengawasan, representasi, dan desain masa depan, papar dia, maka hal itu harus dipersiapkan dengan baik melalui kaderisasi partai.
 
“Jadi bukan sekadar popularitas atau mobilisasi kekuasaan kapital. Di dalam proporsional terbuka yang sering terjadi adalah melekat unsur nepotisme dan melekat unsur mobilisasi kekayaan untuk mendapatkan pencitraan dukungan bagi pemilih,” kata Hasto.
 
Ia memahami sikap Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang condong mendukung proporsional terbuka tetap berlaku pada Pemilu 2024.
 
“Perbedaan dalam cara pandang harus dilihat sebagai bagian dari iklim demokrasi. Pemerintah mungkin melihat demokrasi presidensial memerlukan sarat dukungan 50 persen plus 1 di parlemen sehingga kami bisa memahami sikap pemerintah,” kata dia.
 
Hasto mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) tetap akan mengambil keputusan atas "judicial review" bukan berdasarkan opini pendapat banyak orang, tapi berdasarkan sifat kenegarawanan dari hakim MK.
 
“Jadi kami hormati seluruh pendapat dari partai, pemerintah. PDI Perjuangan bukan pihak yang melakukan "judicial review" karena kami tidak punya "legal standing". Tapi sikap politik kebenaran,” ujar Hasto.

Diketahui, bukan hanya delapan partai politik di parlemen yang menolak sistem Pemilu proporsional tertutup, tapi juga pemerintah.

Politainment

Terkini

Pasalnya, pengasuh Rafathar Malik Ahmad mendadak jadi sorotan usai aksinya berani mencium bibir Rayyanza Malik Ahmad.

Entertainment | 20:26 WIB

Hal itu dibenarkan Markas Besar TNI AD, bahwa helikopter miliknya jatuh di Bandung.

Unik | 20:13 WIB

Bahkan, video viral memperlihatkan Desta menangis saat acara resepsi pernikahan Enzy Storia dan Molen Kasetra.

Entertainment | 17:06 WIB

Untuk diketahui, bayaran Amanda Manopo setiap membintangi satu episode sinetron Ikatan Cinta digadang-gadang mencapai ratusan juta.

Entertainment | 15:01 WIB

Namun sangat disayangkan, beberapa kali istri Reino Barack itu ketahuan mengenakan barang KW. Salah satunya yakni pakaian.

Entertainment | 14:49 WIB

Santri tersebut diduga menjadi korban tabrak lari oleh rombongan Moge, di jalan raya Cihaurbeuti-Ciamis, tepatnya di Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis, Sabtu (27/5/2023) sekitar pukul 14.01 WIB.

Unik | 12:16 WIB

Kedekatan Ayu Ting Ting dan Boy William sempat ramai mencuri perhatian publik, keduanya sempat intens berkomunikasi hingga tak segan mengumbari kemesraan.

Entertainment | 12:07 WIB

Untuk diketahui, dugaan muncul bahwa video syur Rebecca Klopper itu memang faktanya diperankan oleh pacarnya Fadly.

Entertainment | 10:52 WIB

Salah satunya saat membagikan potret selfie bersama Wanda Hara. Lesti Kejora memperlihatkan penampilannya yang amat berbeda dari biasanya.

Entertainment | 10:37 WIB

Bahkan, baru-baru ini Putri Anne mendapat gunjingan dari netizen karena kepergok lepas hijab.

Entertainment | 10:17 WIB

Satu pelaku perampokan memaksa pegawai minimarket untuk menyerahkan kunci brankas uang sambil menodongkan pistol

Metropolitan | 18:21 WIB

Tak hanya memukul wanita, pelaku juga memukuli sopir yang menegurnya karena menyerobot antrean SPBU

Metropolitan | 18:16 WIB

Trunoyudo juga menegaskan penyidik akan secara proporsional dan profesional dengan mengedepankan scientific crime investigation

Metropolitan | 18:09 WIB

Karyoto merasa bertanggung jawab atas ramai pemberitaan terkait Mario Dandy

Metropolitan | 15:45 WIB

"Pelaku dua orang ditangkap di Tanah Abang. Salah satu pelaku merupakan residivis," ujar Hengki

Metropolitan | 12:18 WIB

Kondisi Angela Lee bikin khawatir.

Gosip | 00:05 WIB

Azriel Hermansyah meluapkan kekesalannya terhadap oknum yang disebut-sebut tak senang jika melihat keluarganya akur.

Gosip | 23:30 WIB

Video berdurasi enam menit 48 detik itu menggunakan foto Inara Rusli bersama Ivan Gunawan dan seorang laki-laki yang tidak diketahui siapa.

Gosip | 22:35 WIB

Reaksi Mulan Jameela saat membimbing Lesti Kejora latihan bareng Ahmad Dhani jadi perhatian netizen. Mengapa?

Gosip | 22:23 WIB

Indra Bekti dan Aldila Jelita masih berhubungan baik meski sudah bercerai.

Gosip | 21:53 WIB
Tampilkan lebih banyak