Geger Stiker QRIS Palsu di Kotal Amal Masjid, Terduga Pelaku Buka Suara: Uang Belum Digunakan

"Tidak ada keuntungan pribadi yang saya ambil dari transaksi ini, murni karena ada project pemeriksaan (tidak etis kalau saya ceritakan disini),"

Danendra
Selasa, 11 April 2023 | 10:17 WIB
Geger Stiker QRIS Palsu di Kotal Amal Masjid, Terduga Pelaku Buka Suara: Uang Belum Digunakan
Pria Ganti Kode Qris Masjid. (IG)

Kasus penempelan stiker QRIS palsu di sebuah masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan bikin geger publik. 

Dalam rekaman video CCTV masjid yang beredar viral di laman media sosial terlihat seorang pria dengan gaya parlente dan berbadan tambun dengan tenang menempelkan stiker QRIS palsu di kotak amal masjid Nurul Iman. 

Tampak si pelaku mengenakkan kemeja lengan panjang warna biru dan celana panjang dengan warna senada. Aksi cukup tenang menempelkan stiker QRIS palsu dengan sesekali mengawasi area sekitar. 

Sekertaris DKM Nurul Iman, Habibi, mengatakan sekitar 20 stiker dengan barcode palsu itu tersebar diberbagai titik area masjid yang ada di lantai 7 pusat perbelanjaan tersebut.

Baca Juga:Viral Video Wakil Rakyat Pura-pura Pingsan Saat Dicecar Dana Bantuan Rp19 Miliar yang Raib

“Saya periksa ada di beberapa tempat. Di antaranya di pintu masuk, beberapa tiang masjid, kemudian ada juga di kotak amal yang ada di selasar,” kata Habibi. 

Pihak kepolisian pun sudah angkat bicara soal kasus ini. Menurut keterangan dari Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus aksi pelaku terbilang modus penipuan yang baru. 

"Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi yakni Kebayoran Lama, Pancoran, Pondok Indah, dan Kalibata," ungkapnya. 

Kekinian, pria parlente yang terekam CCTV tengah menempelkan stiker barcode palsu buka suara. Lewat akun Instagram @imanabuaf, ia menerangkan maksudnya menempelkan stiker barcode palsu tersebut. 

"Assalamu’alaikum, Perkenalkan saya iman, saya kaget ktp dan foto saya ada dimana-mana,"  

Baca Juga:Viral Video Pembagian Gaji Guru Honorer, Mereka Tetap Tersenyum Meski Nominalnya Bikin Nyesek

Ia menerangkan sejumlah poin mengapa ia melakukan penempelan stiker barcode palsu tersebut. 

"1. Tidak ada keuntungan pribadi yang saya ambil dari transaksi ini, murni karena ada project pemeriksaan (tidak etis kalau saya ceritakan disini),"

"2. Ketika ada sqan QR, uangnya masuk ke rekening Restorasi Mesjid, di Nobu (melalui app pulsabayar) dan Linkaja (melalui app youtop),"

- Untuk yg pulsabayar, harus request transfer dulu baru pindah uangnya, setelah pending H+1.

- Untuk yg melalui youtap, otomatis di transfer H+1.

"3. Semua uang yg dari Restorasi Masjid, belum digunakan (karena merupakan sampel),"

"Semua uang yg dari Restorasi Masjid, belum digunakan (karena merupakan sampel),"

"Jumlah yang sudah di terima di Nobu & Linkaja itu saya tidak tahu persisnya. Jumlah yang telah mereka transfer, saya punya datanya,"

"Teman-teman silahkan menyepakati mau ke rekening siapa saya kembalikan hasil scan tersebut,"

"Saya bertanggung jawab sebesar yang mereka transfer, untuk yg masih tertahan di Nobu dan Linkaja mungkin bisa menghubungi admin terkait," tutupnya. 

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Unik

Terkini

Tampilkan lebih banyak