CEK FAKTA: Istri Surya Paloh Diseret Kasus Korupsi Jhonny G Plate, Terbukti Sekongkol?

Benarkah istri Surya Paloh diseret kasus korupsi Jhonny G Plate?

Ulya Almashyra
Minggu, 28 Mei 2023 | 10:05 WIB
CEK FAKTA: Istri Surya Paloh Diseret Kasus Korupsi Jhonny G Plate, Terbukti Sekongkol?
Cek Fakta: Istri Surya Paloh diseret kasus korupsi Jhonny G Plate. [YouTube]

Beberapa hari lalu beredar kabar berisi klaim Istri Surya Paloh terlibat kasus Manteri Kominfo Jhonny G Plate.

Seperti diketahui pria yang juga menjabat sebagai Sekjen Partai NasDem itu belakangan ditetapkan sebagai tersangka korupsi proyek BTS BAKTI Kominfo.

Kabar istri Surya Paloh diseret kasus Jhonny G Plate beredar melalui video yang diunggah akun YouTube Kabar News.

"GEGER PAGI INI || JHONNY G PLATE DAN ISTRI PALOH TERBUKTI SEKONGKOL ??," tulis narasi unggahan akun YouTube Kabar News itu.

Baca Juga:CEK FAKTA: Anies Baswedan Batal Nyapres 2024, Surya Paloh Bubarkan Koalisi, Benarkah?

Lantas benarkah istri Surya Paloh diseret kasus Jhonny G Plate? Selengkapnya simak melalui tulisan ini hingga akhir.

Penjelasan Cek Fakta

Video berisi klaim istri Surya Paloh diseret kasus Jhonny G Plate awalnya diunggah akun Youtube Kabar new pada tanggal 22 Mei 2023 lalu. 

Pada thumbnail video unggahan tersebut, tampak gambar seorang wanita berpakaian merah yang diklaim istri Surya Paloh sedang duduk di kursi roda. 

"ISTRI SURYA PALOH DISERET, TERLIBAT PERAN DIBALIK KASUS JHONNY G PLATE," tulis akun tersebut pada thumbnail video unggahannya.

Baca Juga:Tak Pecat Johnny G Plate dari NasDem, Begini Alasan Surya Paloh

Dikutip dari turnbackhoax.id (Jaringan Suara.com) hasil penelusuran menunjukkan bahwa gambar tumbnail identik dengan liputan dari VOI Indonesia pada tanggal 22 September 2022 silam.

“The Story Of The Golden Woman, Hasnaeni Moein: In The Past, There Were Many Portraits Of Him In The Behind Of General Transportation In Jakarta” tulis judul berita tersebut. 

Perempuan yang tengah duduk di kursi roda diketahui bukanlah istri Surya Paloh, melainkan Mischa Hasnaeni Moein yang ditangkap Kejaksaan Agung atas keterlibatannya dalam kasus korupsi Waskita Beton BUMN.

Sementara, video unggahan akun YouTube Kabar News ini juga merupakan hasil cuplikan beberapa video yang tak berkaitan.

Video pertama yang dicuplik yakni video Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya saat menghadiri diskusi publik di Universitas Muhammadiyah Jakarta. 

Video tersebut diunggah akun Youtube Kompas.com berjudul "Politisi Nadsem: Aparat Main Tangkap karena Presiden Sekarang Petugas Partai!" diunggah pada tanggal 17 Mei 2023 lalu.

Pada video selanjutnya, video unggahan KOMPASTV yang diunggah di akun Youtubenya 17 Mei 2023 lalu berjudul “[FULL] Surya Paloh Yakin Penahanan Johnny Plate Tidak Ada Intervensi Kekuasaan dan Politik,”.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan cek fakta di atas, idak ditemukan informasi valid mengenai keterlibatan istri Surya Paloh dalam kasus korupsi yang dilakukan oleh Jhonny G Plate.

Berdasarkan hasil penelusuran menunjukkan foto tumbnail bukanlah istri Surya Paloh, melainkan Mischa Hasnaeni Moein yang sedang ditangkap karena kasus korupsi Waskita Beton BUMN. 

Video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi valid mengenai keterlibatan istri Surya Paloh dalam kasus Jhonny G Plate.

Karenanya dapat disimpulkan video tersebut masuk dalam kategori  konten yang dimanipulasi.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Politainment

Terkini

Tampilkan lebih banyak