Kondisi Terkini Fajri, Pria Tangerang Berbobot 300 Kg yang Dievakuasi ke RS Pakai Forklift

Evakuasi berlangsung dramatis karena pihak BPBD Kota Tangerang sampai harus menggunakan forklift.

Nur
Sabtu, 10 Juni 2023 | 19:46 WIB
Kondisi Terkini Fajri, Pria Tangerang Berbobot 300 Kg yang Dievakuasi ke RS Pakai Forklift
Moch Fajri (27), pria obesitas yang memiliki bobot 300 kg dievakuasi menggunakan forklift untuk dibawa ke bak terbuka ke RSUD Kota Tangerang. ([Dok. Istimewa])

Moch Fajri (27), pria obesitas asal Tangerang yang memiliki bobot hampir 300 kilogram (kg), dirujuk ke RSCM Jakarta. Ini lantaran RSUD Kota Tangerang tak memiliki dokter spesialis Digestif dan Kardiovaskuler.

Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr O.U Taty Damayanti mengatakan, secara psikis kondisi Fajri dalam pantauan dokter psikiater.

"Fajri dan Ibu Fajri dalam kondisi yang proaktif. Di mana sebelumnya, sedikit keberatan untuk dirujuk ke RSCM. Setelah diberi pemahaman, Fajri dan orang tua bersedia dirujuk," kata Taty.

Sebelumnya, BPDB UPT Ciledug Kota Tangerang melakukan evakuasi terhadap Fajri untuk dibawa ke RSUD Kota Tangerang.

Baca Juga:Kisah Fajri Pria Obesitas di Tangerang, Berawal Kecelakaan Motor hingga Punya Bobot 300 Kg

Evakuasi berlangsung dramatis karena pihak BPBD Kota Tangerang sampai harus menggunakan forklift. 

Proses evakuasi yang terekam dalam beberapa video menjadi viral di dunia maya setelah banyak netizen yang membagikannya.

Sementara itu, di hari kedua dalam perawatannya, RSUD Kota Tangerang telah membentuk tim penanganan yang terdiri dari 10 dokter spesialis mulai dari dokter radiologi, penyakit dalam, gizi, kulit, bedah, otopedi dan lainnya.

Saat ini, kondisinya Fajri dalam keadaan sadar penuh dan bisa komunikasi dua arah. Namun, secara pergerakan sangat terbatas, hanya bisa duduk dan disanggah. 

Sedangkan kakinya, hanya sebelah kiri yang bisa bergerak, karena kaki kanannya dalam kondisi luka akibat pernah kecelakaan.

Baca Juga:Kata IDAI soal Bayi Kenzi di Bekasi Miliki Bobot 27 Kg: Obesitas Adalah Suatu Penyakit

Taty menjelaskan, tim kedokteran saat ini baru melakukan penanganan keadaan umum dulu. Seperti penanganan infeksi dan perbaikan nutrisi pada Fajri. 

Di samping itu, dokter spesialis kulit juga terus melakukan penanganan secara bertahap, pada luka-luka yang terdapat di tubuh Fajri.

"Secara urutan kronologis, 8 bulan terakhir ini Fajri terbujur di kasur tidak bisa beraktivitas apa-apa. Sebelumnya, potensi obesitas sudah ada karena bobot tubuhnya sudah di angka 120 kilogram, pada 8 bulan lalu."

"Karena tidak ada aktivitas, tiduran saja di situlah terjadi peningkatan berat badan yang berlebih hingga kini diperkirakan di atas 250 kilogram," katanya.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Unik

Terkini

Tampilkan lebih banyak